Evaluasi Pemutakhiran Data Pegawai Melalui SIMPEG online BKD Pemkab. Tulungagung tanggal 28 Maret 2013

bimtek-maret-1

Dalam rangka pengakuratan data kepegawaian di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Badan Kepegawaiaaan Daerah Kabupaten Tulungagung telah mengadakan bimbingan teknis evaluasi pemutakhiran data pegawai melalui SIMPEG online yang dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2013di Hotel Istana Tulungagung dan diikuti oleh 51 peserta dari seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten  Tulungagung.

Acara dibuka oleh Bapak Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Bambang Yanuarsono. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan,”Melalui aplikasi SIMPEG online ini data pegawai di seluruh SKPD dapat di-update dengan cepat sehingga diharapkan mampu menghasilkan informasi yang cepat, lengkap, dan akurat dalam rangka mendukung administrasi kepegawaian. Aplikasi SIMPEG online akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan dinamika organisasi sehingga dapat bermanfaat kaitannya dengan pengelolaan kepegawaian yang dituntut untuk cepat, efesien dan akurat sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam pengelolaan kepegawaian PNS Pemerintah Kabupaten Tulungagung sehingga kebijakan yang dihasilkan tepat sasaran.”

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang INKA, Drs. Supriyo Utomo yang menceritakan aplikasi SIMPEG versi sebelumnya masih terdapat kekurangan, misalnya dibutuhkannya ruang penyimpanan database yang besar, sulitnya untuk melakukan sinkronisasi dan database yang kurang valid. Namun SIMPEG online saat ini telah mengalami perbaikan dengan penyewaan hosting berkapasitas lebih besar, sehingga akses SIMPEG online lebih cepat dan lebih lengkap. Ia menceritakan, bahwa setelah adanya SIMPEG online ini, updating data pegawai berikut pengawasannya dapat dilakukan dalam waktu sangat singkat dan sangat mudah. Jika kebetulan tidak ada jaringan internet, ia tidak terlalu repot memikirkannya. “Cukup memakai modem, membuka jaringan internet, maka saya dapat memantau perkembangan update data pegawai. Saya dapat memantau SKPD mana yang aktif meng-update data pegawai, dan sebaliknya.”imbuhnya. Tentang pelaksanaan bimtek itu sendiri, Pak Pri—demikian panggilan akrabnya—menerangkan bahwa evaluasi kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkala sebagai agenda rutin sejak aktivasi SIMPEG online tahun 2012.

Pada acara tersebut diberikan panduan teknis pengoperasian SIMPEG online oleh Lutfi Rahman,S.Kom. M.Eng, pengelola SIMPEG Online BKD Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat karena masing-masing operator SIMPEG online dari seluruh SKPD dikenalkan dengan satu persatu fitur-fitur SIMPEG online serta cara pengoperasiannya (user interface). Peserta dapat bertanya jawab secara langsung pemandu jika menemukan kesulitan dalam pengoperasian  program. Dan masih banyak lagi pertanyaan yang diajukan oleh peserta sehingga menambah wawasan tentang seluk beluk SIMPEG online.

Bertindak selaku narasumber pada kegiatan Evaluasi Pemutakhiran Data pegawai melalui SIMPEG online adalah:

  • Kepala Badan kepegawaian Daerah Kabupetan Tulungagung;
  • Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kabupaten tulungagung;
  • Pengelola SIMPEG online Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Materi yang disampaikan oleh narasumber pada kegiatan Evaluasi Pemutakhiran Data pegawai melalui SIMPEG online adalah:

  • Perkembangan aplikasi SIMPEG online Pemerintah Kabupaten Tulungagung
  • Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi database SIMPEG online Pemerintah Kabupaten Tulungagung
  • Bimbingan Teknis pengoperasian aplikasi SIMPEG online serta pengenalan fitur-fitur pada aplikasi SIMPEG online.

`